SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Banyuwangi Ethno Carnival 2024 Segera Digelar, Catat Tanggalnya!

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024 akan kembali hadir dengan tema memukau "Ndaru Deso: Revival of Village". Festival yang berlangsung pada 10-14 Juli 2024 ini siap mengguncang panggung karnaval dunia dengan persembahan spektakuler yang mengangkat kekayaan budaya dan potensi desa-desa di Banyuwangi.


ilustrasi: Peserta Banyuwangi Ethno Carnival


Tema "Ndaru Deso" dipilih sebagai refleksi dari identitas Banyuwangi sebagai kabupaten terluas di Jawa dengan ratusan desa yang menyimpan potensi luar biasa. BEC 2024 akan menjadi wadah bagi desa-desa ini untuk menunjukkan kreasi dan warisan budaya mereka kepada dunia.


Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Ainur Rofiq menyampaikan BEC ini merupakan event nasional yang masuk dalam jadwal Karisma Event Nusantara 2024 milik Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.


"Ini adalah wadah yang paling tepat bagi seluruh desa untuk menunjukkan potensi yang dimilikinnya untuk diperkenalkan di event nasional dan internasional. Karena itulah, dengan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal baik event BEC maupun pameran UMKMnya." kata Ainur Rofiq.


Seperti yang sudah-sudah, para pengunjung bukan hanya masyarakat lokal saja, namun tamu nasional dan mancanegara pun akan menyaksikan parade carnival ini.


"Karena tamu-tamu yang akan datang adalah tamu nasional dari berbagai daerah di Indonesia bahkan wisatawan mancanegara yang akan datang, kami harap perputaran ekonomi juga akan terjalin di event ini." kata Ainur Rofiq.


Bersiaplah untuk terpesona dengan berbagai acara menarik. Berikut jadwal rangkaian kegiatannya:


• 10-14 Juli: Creative Expo di Lorong Bambu Gesibu Blambangan, menampilkan berbagai produk kreatif dan UMKM lokal.


• 11-12 Juli: Srawung Seni di Gesibu Blambangan, pertunjukan seni dan budaya tradisional Banyuwangi dan luar daerah yang memukau.


• 13 Juli: Grand Carnival BEC di Jl. Dr. Soetomo, Taman Blambangan, puncak acara dengan parade kostum spektakuler dari berbagai desa di Banyuwangi.


• 14 Juli: Awarding BEC di Gesibu Blambangan, malam penghargaan bagi para peserta BEC 2024.


Tak hanya itu, para penyanyi fenomenal seperti Wandra Restusiyan dan juga Suliyana pun siap mengguncang rangkaian panggung acara BEC 2024.


Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan persembahan menakjubkan Banyuwangi Ethno Carnival 2024! Catat tanggalnya dan bersiaplah untuk terpesona oleh keragaman budaya dan potensi desa-desa di Banyuwangi.