6 Perbedaan Warna Terakota Dan Bata yang Patut untuk Diketahui

1 min read

Perbedaan Warna Terakota Dan Bata
Warna yang ada di dunia itu beraneka macam dan seringkali membuat orang merasa bingung. Karena kemiripan warnanya, terkadang orang jadi salah mengira warna terakota sama dengan warna bata. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang tak sama dan sangat jauh berbeda. Yuk, bersama-sama pelajari perbedaan warna terakota dan bata pada artikel berikut. Warna terakota dan warna bata merupakan dua hal yang berbeda, meskipun berada di dalam satu palet warna yang menyerupai. Tidak heran apabila orang-orang sering menyamakan kedua warna ini. Agar bisa membedakan warna tersebut, admin akan menjelaskan perbedaan warna terakota dan bata seperti dibawah ini.

Perbedaan Warna Terakota dan Bata yang Paling Umum

1. Tone

Terakota dan bata merupakan dua warna yang sering dianggap sama oleh kebanyakan orang. Padahal dari segi tonenya, kedua warna ini sangat berbeda dan tidak bisa dinyatakan sama. Terakota memiliki warna yang lebih memikat daripada warna bata jika dipandang lama. Tone dari terakota sesungguhnya adalah warna merah-coklat, warna tanah liat atau batu bata yang dibakar. Sehingga akan menampilkan kesan yang lebih panas dan menyala. Sedangkan tone dari bata adalah warna merah bata yang lebih halus dan lembut dari warna terakota.

2. Nuansa

Tidak hanya soal tone, terakota dan bata juga berbeda dalam hal nuansa. Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa nuansa kedua warna ini jelas berbeda. Nuansa adalah hal pertama yang bisa ditangkap dari efek dan pancaran warna yang ditimbulkan di mata. Nuansa terakota adalah mewakili kepercayaan diri, kemantapan, berdiri kokoh dan kekuatan. Hal ini berbeda dengan nuansa yang dimiliki warna bata yang mewakili keceriaan, energik, keberanian dan karakter yang kuat. Jadi kedua warna ini adalah dua hal yang berbeda.

3. Kesan

Perbedaan warna terakota dan bata juga dapat dilihat pada kesan yang ditampilkan dari warna tersebut. Kesan ini bisa didapatkan dari pancaran warna yang ditimbulkan, biasanya setiap warna akan memberikan kesan yang berbeda-beda untuk setiap tampilan. Dalam hal ini, warna terakota dan bata mempunyai kesan yang berbeda. Kesan dari terakota adalah hangat, cenderung panas, membakar, namun menampilkan kesan percaya diri. Sedangkan kesan dari warna bata adalah menampilkan kelembutan, kecerahan dan berbeda.

4. Corak

Poin keempat dalam perbedaan dari warna terakota dan bata adalah terletak pada coraknya. Corak merupakan bagian yang dimiliki oleh setiap warna, sehingga membedakannya dengan warna-warna yang lain. Oleh sebab itu, warna yang satu dengan warna yang lain tidaklah sama. Corak yang dimiliki oleh warna terakota adalah terang, sehingga mampu memunculkan penampilan yang diperhatikan dan dihargai. Sedangkan corak yang dimiliki oleh warna bata adalah cerah, sehingga apabila dikenakan akan memunculkan penampilan yang segar.

5. Tampilan

Seringkali warna terakota dipakai oleh para perancang untuk menciptakan tampilan mewah yang berkarakter kuat. Hal ini dikarenakan warna terakota lebih nyata dan jelas warnanya ketimbang warna bata. Itulah perbedaan warna terakota dan bata dari segi tampilannya. Sementara pada warna bata, biasanya cenderung dipakai untuk menciptakan tampilan yang santai, menimbulkan kenyamanan dan enak dipandang. Selain itu, dalam segi kesegaran lebih unggul warna bata daripada warna terakota yang lebih kepada kesan hangat.

6. Makna

Warna terkadang dapat menimbulkan makna dan arti yang mendalam untuk si pemakainya. Dalam hal ini, warna terakota memiliki makna karakter yang kuat, menonjol, berani dan tidak takut mengambil resiko. Sedangkan warna bata cenderung memiliki sisi lembut dan halus. Itulah sejumlah perbedaan warna terakota dan bata yang masih belum diketahui oleh kebanyakan orang. Padahal kedua warna ini memiliki perbedaan yang sangat jelas, namun seringkali karena kemiripannya sehingga dianggap sama oleh orang-orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *